Soal Latihan Komputer dan Jaringan Dasar (Tahap 1)

Migrasi ke Linux yang halal

           Assalamualaikum sob., kembali lagi nih sama saya., yogi boget., kali ini saya akan posting tenteang Migrasi kelinux yang halal., wkwkw.,  dan isinya adalah informasi singkat mengenai pemeliharaan Linux.,


Mengakses Media Penyimpanan 
Hard drive atau harddisk, USB drive, flash drive, floppy disk, CD-ROM, DVD-ROM, dan segala macam barang-barang lainya masuk dalam istilah "media penyimpanan". Beberapa mdeia yang permanen, seperti hard drive, dan beberapa bersifat sementara atau removabel, seperti USB stick atau flash disk. Dan pengguna hanya dapat menempatkan USB stick ke dalam slot USB, dan ketika ikon muncul didesktop, klik dua kali untuk membuka, dan pengguna bisa klik kanan pada desktop dan unmount sebelum mengeluarkan prangkat. Seorang pengguna juga akan melihat bahwa explorer filesystem pada desktop memungkinkan pengguna titik dan klik melalui sejumlah kemungkinan.

Jika pengguna menggunakan komputer yang bisa boot ke linux atau windows atau dualboot, hard drive windows akan bisa dibaca pada linux namun sebaliknya hard drive linux tidak akan bisa dibaca pada windows..! 
Setiap dari hard drive dibagi menjadi beberapa partisi. Perintah fdisk dapat membantu menggunakan, menentukan partisi yang diwindows atau bisa dikatakan ini cara melihat partisi  seperti NTFS atau FAT).

Menambahkan Software Baru 
Seorang pengguna akan mencatat bahwa distribusi Linux menawarkan pengguna dengan repositori besar dari segala sesuatu program pengolah kata, game, dan tool pemrograman. Seorang pengguna dapat melihat dokumentasi distribusi untuk alat-alat khusus yang dapat digunakan untuk mengakses dan memasang package. Selain itu, mungkin ada repositori ekstra yang dapat pengguna cari pada komputer atau internet untuk memperluas akses keperangkat lunak yang lebih baru., 
Hindari root
Orang yang baru pada linux atau yang baru kenal dengan linux pasti ingin melakukan banyak hal sebagai root (administrator). Hal ini mudah, karena jika root memiliki izin untuk melakukan segala sesuatu, itu sangat mudah untuk serius mengacaukan segalanya. Ini adalah praktik yang baik untuk membuat akun user  dan pengguna harus log in sebagi root.
Memasuki Mode single User
Modus single user sebenarnya nama yang cukup literal. ini berarti linux dalam keadaan pemeliharaan dimana tidak ada rekening individu atau harus log in. Ada dua cara untuk masuk ke modus single use: pada saat boot, dan pada saat sudah log in.

Memasuki modus single user
Memasuki modus single user juga disebut runlevel 1 pada saat boot dan melibatkan penggunaan menu boot. Jika tidak ada satu pun pengguna atau rescue mode pilihan disana. ada trik canggih yang pengguna dapat gunakan, atau pengguna dapat capai hal yang sama dengan masuk dan pergi ke modus single user.

Comments