Soal Latihan Komputer dan Jaringan Dasar (Tahap 1)

Linux-Pemrograman dan penggunaannya

               Assalamualaikum sob, kembali lagi bersama saya nih, yogi boget, oke kali ini saya akan share Linux-Pemrograman dan penggunaannya dan postingan ini akan memberikan para pembaca informasi tentang program dan penggunaan linux.

Kebanyakan distribusi Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Alat pengembangan asli yang digunakan untuk membangun kedua aplikasi linux dan program sistem oprasi yang ditemukan didalam GNU toolchain, yang meliputi GNU Compiler collection (GCC) dan GNU build system. Antara lain GCC menyediakan kompilator untuk anda, C, C++, Java, dan fortran. pertama kali dirilis pada tahun 2003. Tingkat proyek Virtual Machine Rendah memberikan alternatif kompiler open-source unutk banyak bahasa. Kompiler yang dimiliki oleh linux antara lain adalah intel C++ Compiler, Sun Studio, dan IBM XL C/C++ Compiler, BASIC dalam bentuk Visual Basic didukung dalam bentuk seperti Gambas, FreeBasic, dan XBasic, dan dari segi pemrograman terminal atau QuickBasic atau Turbo pemrograman BASIC dalam bentuk QB64.

Sebuah fitur umum dari sistem Unix-like, Linux termasuk bahasa tradisional tertentu-tujuan pemrograman ditargetkan pada scripting, pengolahan teks dan konfigurasi sistem dan manajemen secara umum. Distribusi Linux mendukung skrip-skrip shell, awk, sed dan make. Banyak program juga memiliki sebuah bahasa pemrograman tertanam unutuk mendukung mengkonfigurasi atau mencari, sementara editor teks lanjutan, seperti GNU Emacs memiliki Lisp juru lengkap built-in. Kebanyakan distribusi juga termasuk dukungan untuk PHP, Perl, Ruby, Python dan bahasa dinamis lainnya. Sementara tidak seperti biasanya, Linux juga mendukung C # (melalui Mono), Vala, dan Sun Microsystems JVM (Hotspot), dan J2SE RE IBM, serta banyak proyek open-source seperti kaffe dan JikesRVM.  

GNOME dan KDE adalah linkungan desktop populer dan menyediakan kerangka kerja unuk mengembangkan aplikasi. Proyek-poryek ini didasarkan pada GTK + dan Qt widget toolkit, masing-masing, yang juga dapat digunakan secara terpisah dari kerangka yang lebih besar. Keduanya mendukung berbagai macam bahasa. Ada sejumlah lingkungan pengembangan terintegrasi yang tersedia termasuk Anjuta, Code :: Blocks, CodeLite, Eclipse, Geany, ActiveState Komodo. KDevelop, Lazarus, MonoDevelop, NetBeans, Qt Creator and Omnis Studio, sedangkan editor lama terbentuk Vim, nano dan emacs tetap populer.
Mengunakan
Serta yang dirancang untuk tujuan umum pada desktop dan server, distribusi mungkin khusus untuk tujuan yang berbeda termasuk: dukungan komputer arsitektur, embedded system, stabilitas, keamanan, lokalisali kewilayah atau bahasa tertentu, penargetan desktop tertentu. Selain itu, beberapa distribusi sengaja hanya mencakup perangkat lunak bebas. Saat ini, lebih dari tiga ratus distribusi yang secara aktif dikembangkan, dengan sekitar selusin distribusi yang paling populer untuk tujuan umum digunakan. 

Linux adalah sebuah kernel sistem oprasi luas porting. Kernel Linux sangat beragam dan berjalan pada arsitektur komputer: di iPAQ berbasis ARM genggam dan mainframe IBM system z9,
Sistem Z10, dalam perangkat mulai dari ponsel ke superkomputer. Disteribusi khusus ada untuk arsitektur utama yang kurang. The ELKS kernel fork dapat berjalan pada intel 8086 atau intel 80286 16-bit mikroprosesor, sementara µClinux kernel fork dapat berjalan pada sistem tanpa unit manajemen diciptakan produsen sistem oprasi, seperti komputer Macintosh (dengan baik PowerPC dan parasesor Intel), PDA, konsol video game, pemutar musik pertabel, dan ponsel. lihat daftar arsitektur yang didukung Linusx 

Ada beberapa asosiasi industri dan hardware konferensi yang ditujukan untuk memertahankan dan meningaktkan dukungan untuk hardware yang beragam dilinux, seperti FreedomHEC.

Comments