Soal Latihan Komputer dan Jaringan Dasar (Tahap 1)

Pengkabelan

                     Jaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel, menghubungkan satau sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berarti kurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan terminator diujungnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, penghubungan antar komputer pun menglami perubahan serupa, melalui dari teknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hingga teknologi serta optik dan laser menjadi tumpuan perkembangan  jaringan komputer. 
Hingga sekarang teknologi jaringan komputer bisa menggunakan teknologi "kelas" museum *seperti 10BAS2 menggunakan kabel coaxial) hingga menggunakan teknologi "langi" (seperti laser dan serat optik). Akan dibahas sedikit bagaimana komputer terhubung satu sama lain, mulai dari teknologi kabel coaxial hingga teknologi laser. Pemilihan jenis kabel sangat terkait erat dengan topologi jaringan yang digunakan. Sebagai contoh untuk jenis topologi Ring umumnya menggunakan kabel fiber optik (walupun ada juga yang menggunakan twisted pair). Topologi Bus banyak menggunakan kabel Coaxial. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxal yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (Network Interface Card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi jaringan star banyak menggunakan jenis kabel UTP. Topologi jaringan dan jenis kabel yang umum digunakan dapat dilihat dibawah.,, 


Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasi yang berbeda, oleh karena itu dibuatlah pengenalantipe kabel. Ada tiga jenis kabel yang dikenal secara umu, yaitu:
jenis kabel dan kegunaanya ada dipostingan berikutnya...!

Comments